Nama Sekolah :
MTs. DA Jerowaru
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / II
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Kompetensi Dasar : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang
pola dan bentuk-bentuk
muka
bumi.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis
bentuk-bentuk muka bumi pada peta.beserta nama-namanya.
- Mengidentifikasi simbol-simbol bentang alam pada
peta
- Membuat
diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Membuat
dan mengubah peta kontur menjadi penampang bentuk muka bumi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.
Teknik/Cara pengambaran bentuk muka bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan ( observasi )
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : -
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya :
-
Mengapa permukaan bumi tidak rata?
-
Pernahkah kalian pergi kepantai atau ke gunung?
Sebutkan apa saja yang kamu lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F Siswa
menyebutkan relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
F
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat
kesimpulan.
F Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi.
F Memberi
tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dsar laut lewat
gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi : - Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
- Pola dan bentuk obyek geografis.
a. Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas.
2.
Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya :
-
Berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru
meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan
dan dasar laut.
F Siswa
menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara
bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan
dasar laut.
F Secara
kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai
sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F Memberi
tugas individu di LKS.
Revisi RPP dan Silabus SMP/MTs Kelas 9 dan 8 Smester 2
download file selanjutnya di Link ini
No comments:
Post a Comment