Wednesday, October 11, 2017

RPP DAN SILABUS PAI SMA/MA/SMK KELAS X SEMESTER 1, 2

RPP dan silabus PAI untuk SMA/MA/SMK dan yang sederajat khususnya untuk kelas X semester 1 dan 2. Membuat RPP dan silabus adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Mungkin sebagian guru menganggap sesuatu yang mudah, namun bagi yang lain adalah sesuatu yang sulit dan menyita waktu karena yang harus dikerjakan juga banyak. Semoga yang kami sajikan ini dapat membantu bagi Bapak/ Ibu guru PAI SMA/MA/SMK atau yang sederajat.

RPP dan silabus PAI kali ini adalah versi kurikulum 2013 (K-13). Ciri khas dari RPP dan silabus K-13 adalah adanya 5 unsur yaitu M5 (a. Mengamati, b. Menanya, c. Menalar, d. Mengasosiasi,
e. Mengomunikasikan ). Kelima unsur tersebut merupakan ciri khas yang harus ditonjolkan dalam kurikulum 2013. Namun apapun kurikulum yang dipakai yang terpenting adalah adanya peningkatan kwalitas belajar siswa, Siswa lebih memahami, menghayati, dan dapat mengubah prilaku siswa menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini contoh RPP PAI yang kami sajikan:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMA/MA/SMK………………….
KELAS / SEMESTER
:
X/I



Mata Pelajaran           
:
Pendidikan Agama Islam
Materi Pokok
:
Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS AlHujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadahan-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan(ukhuwah
Alokasi Waktu
:
45 x  9 Jam Pelajaran (Tiga Pertimuan)

A.     Kompetensi Inti:
(KI-1)   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3)   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian:
2.3
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait

3.1  
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
 Indikator:
3.1.1      Mampu mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10 dengan benar
3.1.2      Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10
3.1.3      Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10
3.2 
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
Indikator:
3.2.1      Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
3.2.2      Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
3.2.3      Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait

4.1.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

Indikator:
4.1.1.1  Mampu membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan baik dan benar,
4.1.1.2  Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10  dengan baik dan benar
4.1.2 
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
Indikator:
4.1.2.1  Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10dengan baik dan benar

C.     Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, peserta didik diharapkan:
  1. Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan benar
  2. Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10
  3. Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10
  4. Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
  5. Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
  6. Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
  7. Mampu membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar
  8. Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar
  9. Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar

 D.     Materi Pembelajaran:
1.   Fakta:
-       Tawuran Pelajar
-       Adanya perilaku menyimpang seperti; radikalisme, ekstrimisme, dan selalu menganggap paling benar (ekslusivisme),
2.   Konsep:
-       Kontrol diri, Prasangka Baik dan Persaudaraan
-       Mujahadah an-nafs (Kontrol dir) pengertian jihad yang benar),
-       Macam-macam prasangka baik (husnuzzhan)
-       Macam-macam  persaudaraan (ukhuwah)

3.   Prinsip
-       Pengertian kontrol diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan
-       Manfaat dan hikmah kontrol diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan
-       Manfaat mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam yang benarPrasangka Baik, dan Persaudaraan

-       Hikmah mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam yang benar. Prasangka Baik, dan Persaudaraan
A.     Metode Pembelajaran
1.   Ceramah,
2.   Discovery Learning,
3.   Base Learning,
4.   Diskusi,
5.   Tanya jawab, dan
6.   Praktik.

B.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.  LCD Proyektor
2.  Film Tawuran Pelajar
3.  Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
4.  Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

Itulah cuplikan atau bagian dari RPP PAI SMA/MA/SMK kelas X, Selengkapnya dapat anda download melalui tautan di bawah ini:

No comments:

Post a Comment