Sunday, September 17, 2017

DOKUMEN ( 1 ), KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN




DOKUMEN 1

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
MTS. DARUL AITAM JEROWARU
TAHUN PELAJARAN 2016-2017







MTS. DARUL AITAM JEROWARU
Jln Tete Batu No 01 Jerowaru
Kecamatan Jerowaru  Kabupaten Lombok Timur



LEMBAR PENGESAHAN
LAMPIRAN


BAB I   
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
1.      Rasional
Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, dan efisiensi manajemen pendidikan, serta memperhatikan keragaman yang menjadi karakteristik dan keunikan Indonesia. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa dan olahraga agar memiliki daya  saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan otonomi perguruan tinggi serta pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Keragaman karakteristik dan keunikan Indonesia melahirkan tingkatan kebutuhan dan tantangan pengembangan dan pembangunan pendidikan yang berbeda antardaerah. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik daerah. Kurikulum sebagai jantung pendidikan perlu dikembangkan dan diimplimentasikan secara kontekstual untuk merespon kebutuhan daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik di masa kini dan masa mendatang.
Implementasi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Dalam peraturan pemerintah tersebut ditetapkan kerangka dasar kurikulum berisi landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional. Dari amanat undang-undang dan peraturan pemerintah tersebut ditegaskan pula bahwa kurikulum dikembangkan dan diimplemntasikan dengan prinsip diversifikasi, untuk melakukan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan ciri khas potensi yang ada di daerah serta peserta didik. Dalam aturan tersebut ditetapkan pula kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kalender pendidikan/akademik. Kurikulum tingkat satuan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Pemahamannya adalah bahwa pada tingkat satuan pendidikan, yaitu sekolah,  harus dikembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing. (kondisi ideal)
        Kondisi dan  Potensi Kawasan:
1)      MTs. Darul Aitam Jerowaru merupakan salah satu MTs. Swasta di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur merupakan sentral pertanian, Peternakan dan  Anyaman di wilayah Timur Lombok Timur.
2)      Peluang perekonomian pada sektor pengolahan hasil pertanian dan ayaman
3)      Peluang kerajinan tangan, anyaman pada sektor produksi
4)      Peluang sektor peternakan
a.       Perkembangan peserta didik
MTs. Darul Aitam Jerowaru berupaya memberikan pelayanan pendidikan secara maksimal dan berkualitas
b.      Kebutuhan dan kepentingan peserta didik :
1. Program peningkatan IMTAQ
2. Fasilitas pendidikan yang memadai
3. Program pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan yang berkwalifikasi
            c.  Lingkungannya
MTs. Darul Aitam Jerowaru selalu menjalin komunikasi  dan kerjasama dengan Stakeholders terkait dengan pengembangan program Madrasah
2.      Landasan Hukum
a.         Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b.         Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
c.         Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 sebagai Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.
d.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
e.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006;
f.          Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
g.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
h.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
i.           Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan
j.           Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi
k.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
l.           Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentangStandar Penilaian
m.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah
n.         Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
o.         Keputusan Menteri Agama nomor 117 tahun 2016 tentang Implementasi kurikulum 2013 di Madrasah
p.         Keputusan Menteri Agama nomor 207 tahun 2016 tentang kurikulum Madrasah
q.         Surat Edaran  Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 156928/MPK.A/KR/2013 , tanggal 8 November 2013, perihal Implementasi Kurikulum 2013.
r.          Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementeri Agama RI Nomor SE/DJ.I/PP.00.6/1/2017 , tanggal 2 Januari 2017, perihal tindak lanjut KMA  207 tahun 2016 tentang  kurikulum Madrasah
s.          Rencana Kegiatan Madrasah (RKM) MTs. Darul Aitam Jerowarutahun Pelajaran 2016-2017

3.      Tujuan dan Prinsif Pengembangan Kurikulum
a.    Tujuan Pengembangan
Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowarudisusun agar madrasah memiliki pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru bertujuan untuk :
1)   Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
Peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di MTs. Darul Aitam Jerowaru dilaksanakan melalui program Diniyah dan pendalaman agama Islam yang diisi dengan kegiatan pengajian. Selain itu peringatan hari-hari besar keagamaan dilaksanakan dengan mengundang penceramah yang kompeten atau memanfaatkan warga madrasah juga melaksanakan qurban dan bantuan sosial terhadap warga sekitar madrasah yang kurang mampu dengan anggaran yang direncanakan di RKAM.
2)      Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik dengan tujuan peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diwujudkan dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler antara lain, penyusunan karya tulis, pembinaan Olimpiade Sain (OSN), Pembinaan Kegiatan Kepramukaan, dan Kegiatan Keagamaan.
3)      Menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang Keagamaan dan IPTEK Sampai saat ini MTs. Darul Aitam Jerowaru bekerja sama dengan SLTA Kecamatan Jerowaru, Keruak Sakra Timur dan Perguruan Tinggi Seperti Institut Agama Islam Lombok Timur.
4)      Memungkinkan untuk melakukan pengembangan Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.
5)      Meningkatkan toleransi keberagamaan, meningkatkan penghayatan dalam pelaksanaan ajaran agama dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan Madrasah sesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan melalui kegiatan bakti sosial dan keagamaan.
6)      Mengembangkan potensi peserta didik agar mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut antara lain, pengembangan TIK, Tahasus, karya tulis, Tahfiz Al-Qur’an dan lain - lain
7)      Menerapkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentintik, serta pembelajaran kontekstual dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
8)      Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti. 
9)      Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain melalui kegiatan Paskibra.
10)  Mendorong dan membimbing peserta didik agar mau memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat, serta mampu menunjang kelestarian keragaman budaya melalui pembiasaan yang baik di madrasah.
11)  Mengarahkan peserta didik kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender, antara lain melalui kegiatan bakti sosial, debat, atau diskusi.
12)  Pengembangan Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru juga ditujukan agar peerta didik dapat :
a.    Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b.   Belajar untuk memahami dan menghayati;
c.    Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif;
d.   Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain;
e.    Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
b.   Prinsif Pengembangan Kurikulum 
Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru dikembangkan dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi  Lulusan (SKL), berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang  disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan Pengurus Yayasan Pendidikan MTs. Darul Aitam Jerowaru dan Komite Madrasah. Berdasarkan ketentuan tersebut, prinsip-prinsip yang digunakan dalam penyusunan kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru adalah sebagai berikut :
1)   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan  peserta didik dan lingkungannya  padamasakinidan yang akandatang
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki  posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang  beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,  berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri. Selain itu, juga menjadi warga negara  yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan  tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi,  perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik, serta tuntutan  lingkungan. 

2)   Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memerhatikan keragaman karakteristik  peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang. Kurikulum juga dikembangkan  berdasarkan jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adatistiadat, serta status sosial, ekonomi, dan gender. Kurikulum meliputi substansi  komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara  terpadu. Kurikulum tersebut disusun secara berkaitan dan berkesinambungan  yang bermakna dan tepat antarsubstansi. 

3)   Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan,  teknologi, dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan  isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan  secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tersebut. 

4)   Relevan dengan kebutuhan kehidupan 
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan  (stakeholders) untuk menjamin relevansi di pendidikan dengan kebutuhan  kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi,  keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan  keterampilan vokasional merupakan keniscayaan. 

5)   Menyeluruh dan berkesinambungan 
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian,  keilmuan, dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan  antarsemua jenjang pendidikan. 

6)      Belajar sepanjang hayat 
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan  pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum  mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal,  dan informal dengan memerhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu  berkembang serta arah pengembangan manusia seluruhnya. 

7)   Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah 
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan  kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling  mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam  kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

1.      Prinsip Pelaksanaan Kurikulum.
Pelaksanaan kurikulum di MTs. Darul Aitam Jerowaru dilaksanakan sebagai berikut :
a.       Didasarkan pada potensi, perkembangan, dan minat peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan melalui kegiatan Tatap Muka (TM), Penugasan Terstruktur (PT), dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT), pengembangan diri baik melalui Bimbingan Karier (BK) maupun kegiatan ekstrakuikuler.
b.      Menegakkan 4 (empat) pilar belajar yaitu :
-       Belajar untuk memahami dan menghayati .
-       Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
-       Belajar untuk kehidupan bersama dan berguna bagi orang lain,dan.
-       Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri,melalui proses pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif dan menyenangkan.
c.       Melalui bimbingan guru wali yang bekerja sama dengan guru mata pelajaran dan BP/BK secara terjadwal. Setiap guru wali memiliki maksimal 22 orang peserta didik sebagai peserta bimbingannya.
d.      Setiap guru mata pelajaran memiliki jadwal konsultasi mata pelajaran disesuaikan dengan minat peserta didik dan dilaksanakan dalam suasana peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab,terbuka dan hangat, dengan prinsip Tut Wuri handayani,Ingmadya mangun karsa, Ing Ngarsa Sung Tulada.
e.       Menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar dan teknologi yang memadai, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan fasilitas internet.
f.       Mendayagunakan kondisi alam, sosial budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.

  



BAB II  
 TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
A.      Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dirumuskan mengacu pada tujuan umum pendidikan. Adapun tujuan pendidikan dasar adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Mengacu pada tujuan umum tersebut, dapat dijabarkan tujuan pendidikan sebagai berikut :
1.         Meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia.
2.         Meningkatkan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
3.         Membekali peserta didik dengan pengetahuan yang memadai agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.         Mengembangkan keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi bagi pengembangan daerah.
5.         Mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan nasional.
6.         Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
7.         Mendukung peningkatan rasa toleransi dan kerukunan antar ummat beragama.
8.         Mendorong peserta didik agar mampu bersaing secara global sehingga dapat hidup berdampingan dengan anggota masyarakan bangsa lain.
9.         Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
10.     Menunjang kelestarian dan keragaman budaya.
11.     Mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan jender.
12.     Mengembangkan visi, misi, tujuan madrasah, kondisi, dan ciri khas madrasah.

B.       Visi Madrasah
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi sekolah serta peserta didik . Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan harus memerhatikan perkembangan dan tantangan masa kini dan masa mendatang. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, pergeseran akhlak dan nialai-nilai agama, serta perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan sehingga memacu sekolah untuk merespons tantangan dan peluang. Oleh karena itu, kami merumuskan visi MTs. Darul Aitam Jerowaruyaitu:
TERWUJUDNYA SISWA/SISWI YANG BERIMAN BERTAQWA BERAKHLAKUL KARIMAH BERPRESTASI BERWAWASAN GLOBAL YANG DILANDASI NILAI-NILAI BUDAYA DAN AJARAN AGAMA ISLAM”.
C.      Misi Madrasah
Berdasarkan Visi di atas maka Misi MTs. Darul Aitam Jerowarusebagai berikut :
  1. Menanamkan keyakinan melalui pengamalan ajaran Agama
  2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
  3. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang IMTAQ dan IPTEK
  4. Membentuk Sumber Daya Manusia yang kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
D.    Tujuan MTs. Darul Aitam Jerowaru :
1. Tujuan Umum
Adalah ingin menghasilkan manusia yang taat beriman dan bertaqwa kepada Allah, berbudi pekerti lihur, berkepribadian, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, berdisiplin, ber-etos kerja, profesional, bertanggungjawab, produktif, sehat jasmani dan rohani, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, kesetiakawanan sosial, serta berorientasi pada masa depan .
            2. TujuanKhusus
Secara khusus MTs. Darul Aitam Jerowaru bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki ke unggulan dalam hal :
a.    Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT
b.      Memiliki disiplin tinggi
c.       Mampu berkiprah dalam masyarakat sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan    yang dimiliki
d.      Nasionalisme dann Patriotisme serta solidaritas yang tinngi antara sesama
e.       Motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan serta memiliki kepribadian yang kokoh
f.       Memiliki wawasan yang dalam dan luas tentang Imtaq dan Iptek

 




BAB III   
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.      Struktur Kurikulum
Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, antara lain sebagai berikut :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok mata pelajaran estetika.
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
     Adapun cakupan kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut :
Kelompok
Mata Pelajaran
Cakupan
I.           AgamadanAkhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika dan budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
II.           KewarganegaraandanKepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku antikorupsi, kolusi, dan nepotisme.
III.           IlmuPengetahuandan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif, dan mandiri.
IV.           Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
V.           Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seks bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
VI.           Mata PelajaranPondok
Kelompok mata pelajaran pondok dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap  ilmu-ilmu agama melalui kajian kitab-kitab klasik, yaitu dalam upaya internalisasi nilai-nilai keislaman dengan menanamkan nilai-nilai ketauhidan, akhlak mulia, ibadah syariah dan muamalah dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnyaadalah sebagai berikut :
1.   Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia meliputi Qur’an Hadist, Akidah Akhlaq, Fikih, dan SKI.
2.   Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian meliputi Pendidikan Kewarganegaraan.
3.   Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi.
4.   Kelompok mata pelajaran estetika meliputi Seni Budaya dan Prakarya
5.  Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan meliputi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
6.  Kelompok mata pelajaran pondok meliputi kajian kitab Tauhid, Akhlak, Ilmu Alat (Nahwu dan Sharf), kitab Hadits, Tajwid, Khot Imla’, Muhadatsah, kitab Fiqih, Ta’lim, dan mata pelajaran Ke-NW-an.
      Struktur Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru meliputi :
a.      Kurikulum 2006 (Untuk Klas VIII dan IX)
NO
Komponen
KELAS
KET

VII
VIII
IX
I.                        Mata Pelajaran





1
Pendidikan Agama:






a. Al-Qur'an Hadits

2
2
2


b. Aqidah Akhlak

2
2
2


c. Fiqih

2
2
2


d. SKI

2
2
2

2
PPKn

2
2
2

3
Bahasa Indonesia

4
4
4

4
Bahasa Arab

3
3
3

5
Matematika

4
4
4

6
Ilmu Pengetahuan Alam

5
5
5

7
Ilmu Pengetahuan Sosial

6
6
6

8
Bahasa Inggris

4
4
4

9
Seni Budaya

2
2
2

10
Penjaskes

2
2
2

11
TIK

2
2
2

B
Muatan Lokal





12
Bim. Membaca Al Qur’an

2
2
2

C.
Pengembangan Diri

2*
2*
2*
*Ekuivalen 2 JP

Jumlah A + B

44
44
44

Dari Struktur kurikulum di atas menunjukkan bahwa MTs. Darul Aitam JerowaruTahun Pelajaran 2016/2017 menerapkan 2 model kurikulum, yaitu kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Kurikulum 2006 diberlakukan pada mata pelajaran Umum kelasVII,VIII,IX sedangkan K13 diberlakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama kelas VII,VIII,IX  Alokasi waktu untuk dua kurikulum yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 yakni 44 jam pelajaran,
B.   Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
Mata pelajaran beserta alokasi waktu pembelajaran berpedoman pada struktur    kurikulum.
          a. Pendidikan Agama
1)      Qur’an Hadist
Tujuan :
a.    Meningkatkan kecintaan siswa terhadap al-Qur'an dan hadis.
b.    Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c.    Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca. 
2)      Akidah Akhlak
Tujuan :
a.    Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
b.    Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
3)      Fikih
Tujuan :
a.    Mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah.
b.   Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.
4)      Sejarah Kebudayaan Islam
Tujuan :
a.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.   Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
c.    Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.   Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.    Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
5)      Bahasa Arab
Tujuan :
Mata pelajaran Bahasa Arab bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.      Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b.      Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.       Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik  diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
b.Pelajaran Umum
1)  Kewarganegaraan dan Kepribadian
Tujuan :
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik     memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.         Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
b.         Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi.
c.         Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
d.        Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
2) Bahasa Indonesia
Tujuan :
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.    Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
b.    Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
c.    Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
d.   Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
e.    Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
f.     Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
3) Bahasa Inggris
Tujuan :
a.    Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis         untuk mencapai tingkat literasi functional.
b.    Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.
c.    Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
4) Matematika
Tujuan :
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.    Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
b.    Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
c.    Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
d.   Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
e.    Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
5) Ilmu Pengetahuan Alam
Tujuan  :
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.    Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
b.    Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c.    Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
d.   Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
e.    Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
f.     Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
g.    Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.
  6) Ilmu Pengetahuan Sosial
Tujuan :
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.    Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
b.    Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
c.    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
d.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
  7) Seni Budaya
Tujuan :
a.       Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
b.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
c.       Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
d.      Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional,    maupun global.
 8) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Tujuan :
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan    dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.  Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.  Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
9)Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan :
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.       Memahami teknologi informasi dan komunikasi
b.      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
c.       Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
d.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Tujuan :
10)Mata Pelajaran Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai apabila menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan/atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri,  MTs. Darul Aitam Jerowaru sejak berdirinya fokus untuk membekali para santrinya dengan ilmu-ilmu agama dan akhlak yang merupakan ciri khas pondok pesantren ini sehingga para santri dan alumninya bisa bermanfaat bagi masyarakat agama bangsa dan negara, maka muatan lokal yang dipilih MTs. Darul Aitam Jerowaru adalah :
Bimbingan Membaca Al Qur’an
Tujuan :
Untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik sesuai dengan kaida-kaidah yang sebenarnya.
2.          Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri berada di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni budaya, kolompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah remaja.
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan MTs. Darul Aitam Jerowaru antara lain sebagai berikut :
a.    Kegiatan Pelayanan Konseling
Tujuan :
1)  Membantu melayani masalah kesulitan belajar siswa;
2)  Melayani pengembangan karier siswa;
3)  Membantu dalam pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
4) Membantu siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sosial    siswa.
b. Kepramukaan
Tujuan:
1)  melatih siswa untuk terampil dan mandiri;
2)  melatih siswa untuk mempertahankan hidup secara mandiri;
3)  sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi dan kepemimpinan;
4)  memiliki sikap kerja sama kelompok;
5)  memiliki Jiwa sosial dan peduli kepada orang lain;
6)  dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat.
c. Kegiatan Palang Merah Remaja (PMR)
Tujuan :
1)  memiliki jiwa sosial dan kepedulian kepada orang lain;
2)  memiliki sikap kerja sama kelompok;
3)  memiliki pengetahuan dan praktik PPPK;
4)  membentuk petugas piket UKS;
5) melatih siswa untuk cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan   pertama.
d. Kegiatan Olahraga, Seni, dan Budaya (Pencak Silat, Qasidah, Nasyid, Qiro’ah,  Kaligrafi,)
Tujuan :
1)  mengembangkan prestasi olahraga;
2)  mengembangkan seni bela diri;
3)  mengembangkan seni rupa dan suara;
4)  mengembangkan seni baca Al-Qur’an dan kaligrafi.
Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengembangan diri diberikan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dengan dibina oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan kepala sekolah.
3.       Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar satuan pendidikan MTs. Darul Aitam Jerowaru dilaksanakan dengan menggunakan sistem paket. System paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan tersebut. Beban belajar setiap mata pelajaran dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran. Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui penugasan, struktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan mempehatikan tingkat perkembangan peserta didik. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit. Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu pada satuan pendidikan MTs. Darul Aitam Jerowaru adalah 46 jam ditambah kegiatan pengembangan diri yang lamanya ekuivalen 2 jam.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Penyelesaian program pendidikan dengan menggunakan sistem paket adalah paket tiga tahun.
4.        Ketuntasan Belajar
MTs. Darul Aitam Jerowaru Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)   sebagai berikut :
a.       Kriteria Ketuntasan Minimal KTSP MTs. Darul Aitam Jerowaru ;

Komponen
Kelas
VII
VIII
IX
A.
Mata Pelajaran :



1
Pendidikan Agama




    a. SKI
3,00
3,00
3,00

    b. Qur’an Hadits
3,00
3,00
3,00

    c. Akidah Akhlak
3,00
3,00
3,00

    d. Fikih
3,00
3,00
3,00
2
Bahasa Arab
3,00
3,00
3,00
3
Pendidikan Kewarganegaraan
75
75
75
4
Bahasa Indonesia
75
75
75
5
Bahasa Inggris
75
75
75
6
Matematika
70
70
70
7
Ilmu Pengetahuan Alam
70
70
70
8
Ilmu Pengetahuan Sosial
75
75
75
9
 Seni Budaya
75
75
75
10
Pendidika Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
75
75
75
11
Teknologi Informasi& Komunikasi
75
75
75
B.
Muatan Lokal :



1.
Bimbingan Membaca Al Qur’an
75
75
75
C.
Pengembangan Diri :
B
B
B
 Pramukaan, UKS/PMR, Seni Baca Al-Qur’an dan Tahfiz Al-Qur’an, Olimpiade MIPA, Kursus Bhs. Arab, Seni dan Olah Raga Prestasi 

5.         Kenaikan Kelas Dan Kelulusan
a.      Kenaikan Kelas :
Seorang siswa dinyatakan naik kelas :
1)   Mengikuti pembelajaran dalam dua semester yang bersangkutan.
2)   Memenuhi target pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan
3)   Boleh ada nilai mata pelajaran yang tidak tuntas jumlahnya maksimal tiga mata pelajaran.
4)   Tingkat kehadiran siswa minimal 90 % (kecuali sakit yang dibuktikan dengan                      surat keterangan dokter)
5)   Nilai sikap minimal baik
6)   Nilai kegiatan pengembangan diri minimal cukup.
b.      Kelulusan
Seorang siswa dinyatakan lulus apabila :
a.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.      Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran : Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, Kelompok Mata Pelajaran Estetika, dan kelompok mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
c.       Lulus Ujian Nasional dengan standar yang ditentukan dengan Peraturan menteri berdasarkan usulan BSNP
d.      Berkelakuan Baik.
e.       Tidak terlibat narkoba, miras, perkelahian,mencuri,pelecehan seksual yang menyebabkan berurusan dengan pihak kepolisian.
6.    Pendidikan Kecakapan Hidup
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs. Darul Aitam Jerowaru juga memasukkan pendidikan kecakapan hidup, yang mencakup kecakapan pribadi, sosial, akademik, dan vokasional melalui kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler sebagaimana tercantum dalam poin 3.2.3 (Pengembangan Diri)
7.     Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru telah memprogramkan pengembangan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global, yaitu pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik. Program tersebut dapat ditempuh dalamdua alternatif, yaitu sebagai berikut.
a.  Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dapat merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal.
b. Pendidikan berbasis keunggulan lokal antara lain dapat diperoleh siswa MTs. Darul Aitam Jerowaru dari Lembaga Pendidikan lain yang telah menjalin kerjasama dengan MTs. Darul Aitam.



BAB IV   
KALENDER  PENDIDlKAN
A.      Ketentuan Umum
1.        Permulaan tahun pelajaran 2016/2017 yaitu hari Senin 18 Juli 2016.
2.        Akhir tahun pelajaran 2016/2017 adalah satu hari sebelum awal tahun pelajaran 2017/2018
3.        Penerimaan Peserta Didik Baru yaitu tanggal  13 Juni  s.d. 01 Juli2016
4.        Masa Orientasi Siswa Baru tanggal 18 Juli sampai dengan 20 Juli 2016..
5.        Pesantren Ramadhan dilaksanakan pada tanggal
6.        Mid Semester I diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 24 September2016.
7.        Ujian Semester  I diperkirakan dilaksanakan sekitar tanggal 1 sampai dengan 10 Desember 2016.
8.        Remideal semester I diperkirakan tanggal 11 sampai dengan 14 Desember 2016 dan Classmeeting semester I tanggal 11 s/d 17 Desember 2016,
9.        Pembagian Raport  semester I pada tanggal 17 Desember 2016.
10.    Libur Semester I pada tanggal 18 Desember  2016 s/d 2 Januari 2017
11.    Tengah semester II dilaksanakan pada tanggal 06sampai dengan 11 Maret2017.
12.    Ujian Nasional  diperkirakan dilaksanakan tanggal 15 s/d 17 Mei 2017.
13.    Ujian Praktik bagi kelas IX dilaksanakan sebelum atau sesudah Ujian Nasional 2017.
14.    Ujian Madrasah dan UAMBN diperkirakan dilaksanakan sekitar tanggal 25 s/d 26 April 2017.
15.    Ujian Semester  II diperkirakan dilaksanakan sekitar tanggal 1 sampai dengan 11 Juni 2017.
16.    Remideal semesster II diperkirakan tanggal 29 Mei s/d 03 Juni 2017.
17.    Calss meeting semester II diperkirakan tanggal 22 s/d 25 Juni 2017.
18.    Pembagian Raport  semester II pada tanggal 17 Juni 2017.
19.    Libur Semester II pada tanggal 18 Juni sampai dengan 15 Juli 2017.


B.      Ketentuan Khusus
1. Hari Belajar Efektif Sekolah
a.    Hari belajar  efektif MTs. Darul Aitam Jerowaru adalah selama 230 hari kerja.
b.    Jumlah hari belajar efektif setiap semester :
         -    Semester I     :  125 hari kerja.
         -    Semester II   :  105  hari kerja.
c.    Waktu penyelenggaraan belajar sekolah adalah :
      -    Semester I dimulai pada hari senin 18 Juli 2016 diakhiri pada hari sabtu tanggal 24 Desember 2016.
         -    Semester II dimulai pada hari Senin tanggal 2 Januari 2017 dan berakhir pada hari Sabtu tanggal 17Juni2017.
2. Hari-hari Libur
a.    Libur Semester :
-    Libur  Semester  I :
                          Dimulai hari Minggu, tanggal  18 Desember2016 dan  berakhir pada hari Sabtu tanggal 2 Januari2017.
-Libur Semester II:
Dimulai pada hari Minggu tanggal 17Juni 2017  dan berakhir pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017.
b.    Libur Sekitar bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1435H.
-    Libur di awalRamadhan :2 (dua) harisebelumRamadhan dan 3 (empat) hari  pada awalRamadhanyaitumulaitanggal 25 juni s.d. 15 Juli2017.
-    LibursekitarIdulFitri 1436 H adalah 12hariyaitutanggal 1 Juli sampai dengan 15 Juli 2017.
c.    Libur Umum/Cuti  Bersama.
-    Hari Libur Tahun 2016
1)   Rabu, 17 Agustus 2016 : Peringatan Proklamasi  Kemerdekaan RI
2)   Senin, 12 September 2016 : Hari Raya Idul Adha
3)   Ahad, 2 Oktober 2016 : Tahun Baru Hijriyah 1418 H
-    Hari Libur Tahun 2017 :
1)        Jumat, 1 Januari 2017          : Tahun Baru Masehi
2)        Sabtu 28 Januari  2017         : Tahun Baru Imlek
3)        Selasa, 28 Maret 2017          : Hari Raya Nyepi.
4)        Kamis, 11 Mei 2017             : Hari Raya Waisak          
5)        Minggu, 24 April 2017        : Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW.     
6)        Jum’at, 14 April 2017          : Kenaikan Yesus Krestus
7)        18 s/d24 Juni 2017               : Hari Raya Idul Fitri 1437 H.
d.    Libur Khusus :
-    Bagi kelas VII dan VIII libur 4 (empat) hari kerja selama pelaksanaan Ujian Nasional dan 8 (delapan) hari selama pelaksanaan Ujian Madrasah  dan UAMBN tahun 2017.
-    Satu hari kerja pada pengumuman hasil Ujian Nasional 2017.
3. Rincian Minggu Efektif Semester Ganjil tahun Pelajaran 2016/2017
No
Bulan
Jumlah minggu
Minggu tidak efektif
Minggu efektif
1
2
3
4
5
6
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
4
5
4
4
5
5
2
0
1
0
0
2
2
5
3
4
5
3
Jumlah
27
5
23

1.    Rincian Minggu Efektif Semester Genap tahun Pelajaran 2016/2017
            No
Bulan
Jumlah minggu
Minggu tidak efektif
Minggu efektif
1
2
3
4
5
6
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
5
4
5
4
5
5
0
0
2
1
2
3
5
4
3
3
3
2
Jumlah
28
8
20

BAB  V
PENUTUP

Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2016/2016 ini adalah merupakan hasil revisi Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2013/2016. Kurikulum ini menjadi acuan dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2016/2017 di MTs. Darul Aitam Jerowaru .
Harapan kami Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kami susun ini telah memenuhi syarat sehingga, seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya para guru, karyawan, peserta didik, dan wali murid agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Semoga Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2016/2017 ini dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas peserta didik secara lahiriah maupun batiniah.

Jerowaru, 18 Juli 2016
Kepala MTs. Darul Aitam Jerowaru

                       
HENDRA KARMA, SPd
                           









Lampiran –lampiran
1.                  Kalender Pendidikan
2.                  Beria Acara Penyusunan dan Daftar Hadir Penyusunan KTSP




HALAMAN PENGESAHAN

Setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah, diketahui oleh Ketua Yayasan dan Pengawas Pembina kemudian disahkan Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, dengan ini Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru Tahun Pelajaran 2016-2017  ditetapkan/disahkan untuk diberlakukan.



Ketua Komite Madrasah,



ABDUL RAHMAN



Ketua Pengurus YPP Darul Yatama Wal Masakin,



LALU MASKAN MAWALLI, S Sos





Mengetahui,

Jerowaru, 18 Juli 2016
Kepala MTs. Darul Aitam Jerowaru



HENDRA KARMA, SPd



Nara Sumber,




LALU ASMAWADI EFFENDI, MPd NIP:196904032005011005

Mengesahkan,
Kepala Kantor Kementerian Agama
Kab. Lombok Timur



H. NASRUDDIN
NIP : 19651231198602003



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT dan bersholawat untuk Rasululloh SAW, Tim Pengembang Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru dapat menyelesaikan penyusunan kurikulum untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam menentukan berbagai kebijakan dan kegiatan belajar mengajar. Sehingga semua itu agar dapat terencana, terarah, dan tepat tujuan yang akan dicapai khususnya dalam mengantarkan peserta didik menjadi insan yang berilmu dan berprestasi berdasarkan iman dan taqwa, dan  sebagai bekal meraih kesuksesan hidup di dunia dan akherat serta bekal membangun negeri tercinta Indonesia.
Dalam penyusunan Kurikulum MTs. Darul Aitam Jerowaru ini, kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyajikan konsep, perangkat serta strategi yang ideal, namun karena berbagai keterbatasan yang ada pada kami kekurangan dan kesalahan tidak bisa kami hindari.
Kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikan KTSP ini, kami menghaturkan terima kasih yang sebesar besarnya.

Jerowaru, 18 Juli 2016
Kepala MTs. Darul Aitam Jerowaru




HENDRA KARMA, S. Pd
 


 



 

 

No comments:

Post a Comment